Suatu Ketika di 1983 beliau Abah Dim , saat itu Pinarakan di Teras ndalem Jagalan , mengamati para santri , pada waktu itu belum didirikan Pondok Pesantren Alfadllu , tapi sudah banyak yang ikut ngaji pada Abah , Guru nya , KH Mahrus Ali yang menitipkan putranya : Gus Kafabihi , selain Beliau KH Kafabih yang kini Pengasuh Ponpes Lirboyo , banyak pula santri rata rata dari Kalangan Orang2 yang mengenali Abah pada saat itu masyhur dengan ke "Alim" an nya , dan gemati dalam mendidik santri2 ,istilah sekarang nya : "Sedang Naik Daun " , seluruh waktu nya digunakan utk ngaji dan membesarkan Pesantren karena saat itu Abah juga Lurah Pondok di Pesantren APIK sejak di asuh KH Ahmad Rukyat hingga KH Khumaidullah Irfan .

Termasuk Pak Agus Salim yang sekarang mendirikan Ponpes Al Istiqomah Subang , Juga Besan dari Abah .

Pak Agus menceritakan , Apa yang di dawuhkan Abah sembari Pinarakan di teras itu ,
" Kafabi (Panggilan akrab Abah pd KH. Abdulloh Kafa Bihi ketika masih nyantri ) itu besok minimal sama dengan Kyai Idris Marzuki ( Alim nya ) , bahkan bisa melebihi...

Pak Agus melanjutkan : tak amat2ti kok sudah nyata dawuhipun abah Dim
Agus Salim Subang yg pd juga nyantri di Abah Dim atas petunjuk KH Makhrus Ali , Abah e Kyai Kafa .
Ketika aku jadi mahasiswa UIT th 1979 Yai Kafa seingat aku masih di Lirboyo belum ke Kaliwungu ketepatan aku jadi ketua JS 2 jabar. Kenang Agus Salim.

Beliau minta diadu sepak bola antar JS 2 dengan JS 3 (pondok HM) karena JS 2 menang 1 × 0 dan lagi2 menang beliau minta diulang ulang terus. Lanjut Agus Salim

supaya marem maka kami dari JS 2 sepakat mengalah sehingga kalah dan yg menang JS 3. Baru berhenti main bolanya. 😄 ketawa terbahak Agus mengahiri ceritanya .

Gus e ora gelem kalah bal bal an karo santri ne 😄

Ket foto: gus kafa dan gus fadl di Ndalem sepuh Djagalan
Axact

Alfadllu.com

Media silaturahim yang menjernihkan dan mencerdaskan, dengan informasi yang menginspirasi.

Post A Comment:

0 comments: