MadinaturRosul saw , sebelum kedatangan Nabi saw kota itu bernama Yatsrib (Abad 5 sampai 6M)sampai pada saat Rosulllah hijrah (622M) dan 8 tahun dr Hijrah(630M) ditetapkanlah Nama Madinah
Warga Yatsrib terdiri dari Qobilah Aus dan Khozroj agama yang dipeluk nya adalah Nasroni , Majusi dan Yahudi bagi sebagian pendatang pelarian dari Romawi krn dikejar tentara hadrianus .
setelah Rosulullah hijrah warga setempat dr suku Aus dan khozroj dan15 Kabilah dipimpin Al Husseim bin Sallam seorang Robi Yahudi menyambut kedatangan nya dg mengumandangkan Thola'al badru alaina , mereka ini lah yang di sebut Kaum muslimin dari golongan Ansor ,dan para pengikut Rosulullah dari Makkah di sebut sbg kaum muslimin dari golongan Muhajirin .
selain Islam agama yang di bawa Rosulullah ,di madinah berlaku pula agama Nasrani,Yahudi ,dan Majusi .
di sini Rosulullah menyempurnakan Agama yang diturunkan di Makkah ,sehingga Madinah menjadi Negara penting bagi perkembangan Islam
dimana dalam perkembangan nya Toleransi antar Umat beragama menjadi corak dari pertumbuhan Islam
Langkah yang ditempuh Rosulullah kemudian merajut ukhuwwah Islamiyah dan mempersatukan Muslim dengan Yahudi dengan Piagam Madinah. Sebuah Negara berkonstitusi pun terbentuk dengan kekuasaan dan kedaulatan penuh.

Nabi Muhammad saw membawa agama baru dan sistem politik baru… dan menciptakan suatu perdamaian yang harmonis.

sehingga terciptalah konteks Islam Rohmatan lil Alamin

Siapapun tidak bisa memungkiri bahwa Madinah merupakan babak baru sejarah Islam, Madinah adalah post-faktum dari faktum-faktum. Jika fakta sosial-historis bisa bias tafsir, kita pakai fakta-fakta tekstual. Ternyata perubahan Yahtrib menjadi Madinah didahului oleh perubahan kandungan wahyu.

Wahyu yang ketika di Makkah berkutat masalah tauhid, ibadah, alam semesta, penciptaan, hari akhir dan sebagainya, di Madinah berubah ke masalah ummah, ukhuwwah, jihad, kemanusiaan, keadilan, kemakmuran, kekuatan dan sebagainya. Lebih berdimensi sosial-politik. Pendek kata, di Madinah-lah tempat penerapan dan penyempurnaan konsep din yang turun di Makkah itu.
Axact

Alfadllu.com

Media silaturahim yang menjernihkan dan mencerdaskan, dengan informasi yang menginspirasi.

Post A Comment:

0 comments: